Sabtu, 13 November 2010

kumpulan skenario film

SENYUMAN LENGGER
SKENARIO
Karya : Drajat Nurangkoso
pemenang sayembara penulisan skenario film remaja tingkat Jawa Tengah 2009

FADE IN :
Suasana pedukuhan malam, gemericik air selokan dan desau angin menerpa pohon bambu ....FADE OUT
DISOLVE TO :
1. Int. RUMAH MAD HASIM – Malam
MED. LONG SHOT Latihan calung di rumah Mad Hasim dalam rangka persiapan festifal kesenian kabupaten mewakili kecamatan. MED. SHOT Indri menari dan menyanyi, CLOSE UP warga yang menonton berdecak kagum pada kemampuan Indri menjadi Lengger.
CUT TO :
2. Ext. HALAMAN RUMAH MAD HASIM – Malam
MED. SHOT Ratno dan teman-temannya berteriak
RATNO
Bubar.....bubar.....di pedusunan ini tidak boleh ada musik dan tarian setan
TEMAN RATNO
Pak Hasim.....kami tidak mau dusun sini kuwalat.....kalao mau ngeyel silahkan pindah di pinggir kali Serayu sana.
CUT TO :
3. Int. RUMAH MAD HASIM – Malam
MED. LONG SHOT Parno kendang berdiri mau melayani anak-anak muda yang sedang protes tapi di cegah oleh Mad Hasim.
ZOOM IN
MAD HASIM
Kang tidak usah dilayani...biarkan saja...latihan sementara kita hentikan
PARNO KENDANG
Tapi anak-anak muda itu sudah kebablasen....
MAD HASIM
Sudahlah....berikan kemakluman....nanti kalo sudah sampai merusak baru kita bertindak
FULL SHOT. Ratno dan teman-temannya meninggalkan arena latihan calung, CLOSE UP warga mengikuti langkah mereka dengan pandangan dingin.
CUT TO :
FULL SHOT. Nano mengantar Indri Pulang lewat jalan belakang.
INDRI
No.....aku takut......
NANO
Aku antar pulang lewat jalan belakang......sekarang?
CLOSE UP Indri mengangguk setuju.
FADE IN :
4. Ext. JALAN SETAPAK – Malam
MED. LONG SHOT Indri dan Nano berjalan menembus kegelapan malam.
ZOOM IN
INDRI
Aku tidak mengerti mengapa Ratno begitu
NANO (O.S.)
Ada yang tidak beres......sepertinya dia naksir kamu
INDRI
Terus cemburu padamu....? begitu?
CLOSE UP
NANO
Heeh......besok mingguan kemana?
INDRI
Nyuci.....banyak cucian menumpuk di rumah...sampai di sini saja No..gak apa-apa, aku berani kok.
FADE OUT. Nano membalikan badan kembali ke rumah.
CUT TO :
5. Ext. DEPAN MASJID – Sore
MED. LONG SHOT Ketua RT turun dari masjid mendekati Ratno yang sedang bersiap-siap latihan sepak bola.
ZOOM IN
PAK RT
Semalam saya dengar mas Nano dan teman-temanya ribut di rumah Mad Hasim.......? kenapa......?
RATNO
Saya tidak mau dusun kita menjadi cengkar dan penuh hawa setan
PAK RT
Kok?...........memang kenapa?
RATNO
Pak Rt kan tau wewaler turun temurun dari kakek buyut kita
PAK RT
Ah...kamu salah mengartikan wewaler itu.....kamu tahu dari siapa.........? cerita siapa........?
RATNO
Panji.....anak pak Camat.....
PAK RT
Lho....dia kan bukan warga desa kita, dia tidak tau apa-apa....e...jangan-jangan .....
RATNO
Maaf pak Rt saya latihan dulu.....
PAK RT
Ya…nanti malam saya tunggu di rumah, kita cerita lagi…besok sore sama saya ke rumah Pak Hasim
ZOOM OUT
FULL SHOT. Ratno bermain sepak bola Pak Rt mendekat ke lapangan FADE OUT.
CUT TO :
6. Int. RUMAH MAD HASIM – Sore
MED. SHOT. Mad Hasim membuka pintu mempersilahkan Pak Rt dan Ratno masuk..MED. LONG SHOT.Mad Hasim duduk berhadapan dengan Pak Rt, ZOOM IN. Ratno menundukan wajah di samping Pak Rt.ZOOM OUT
MED.LONG SHOT
PAK RT
Ratno sudah menyadari kekeliruannya.....mohon dimaafkan.
CLOSE UP
MAD HASIM
Kalao begitu apa malam minggu besok kami bisa latihan mas Ratno....? (dengan tekanan suara jengkel )
PAK RT (O.S.)
Sudahlah...yang penting semua sudah jelas masalahnya....maafkan Ratno dan teman-teman, mereka hanya disuruh oleh anak pak Camat.
MAD HASIM
Lho....apa anak pak Camat tidak tahu bila latihan ini dalam rangka mewakili kecamatan kita?
MED. LONG SHOT Perbincangan masih berjalan. FADE OUT
FADE IN
7. Int. RUMAH MAD HASIM – Malam
MED. LONG SHOT. Latihan calung di rumah Mad Hasim. ZOOM IN. Jam dinding menunjuk Jam 23.00 ZOOM OUT. MED. SHOT. orang-orang menunggu Indri. ZOOM IN. Mad Hasim berdiri di tengah-tengah
MAD HASIM
Kemana Indri ya, kok belum datang........?( berdiri menatap ke halaman) No....Nano....
MED. LONG SHOT. Dari ruang dalam keluar Nano mendekati Mad Hasim
CLOSE UP
NANO
Ya pak........ada apa?
MAD HASIM(O.S)
Sepeda motormu masih di luar, coba sana jemput Indri.
CUT TO:
FULL SHOT Ratno keluar…Parno kendang memukul kendang sesuai dengan aba-aba tepukan dari Mad Hasim.
DISSOLVE TO:
8. Int. RUANG TAMU RUMAH INDRI – Malam
MED. SHOT. Nano duduk menghadap Indri di ruang tamu rumah Indri. CLOSE UP. wajah Indri muram.
NANO(O.S)
Sudah ditunggu-tunggu Kang Parno katanya untuk mengepaskan kendangannya dengan seblak sampurmu Ndri
INDRI
Aduh...gimana ya....aku ndak enak badan...tolong bilang bapakmu ya....aku tidak bisa latihan.
MED. SHOT
NANO

Kalao begitu ya sudah saya pamit dulu.....( berdiri memandang kearah pintu ruang tengah rumah Indri ).bu....saya pamit .....
Dari ruang dalam ibu Indri menyahut
IBU INDRI (V.O)
Ya...hati........nati saya nyusul..........
CUT TO:
MED SHOT.Ibu Indri keluar dari ruang tengah. ZOOM IN Melihat Indri masih di rumah ia terkejut
IBU INDRI
Lho kok masih di rumah, ibu kira sudah dijemput Nano tadi?
INDRI
Males bu.....saya tidak akan menari lagi
IBU INDRI

Lho jangan begitu...ada masalah apa? Kata pak Rt Ratno sudah tidak akan mengganggu latihan lagi.
INDRI
Bukan karena itu bu......
IBU INDRI
Kasihan teman-teman penabuh menunggu dan juga warga yang menonton...mereka butuh hiburan....
CLOSE UP
INDRI
Tidak bu, aku sudah tidak akan menari lagi...aku tidak akan menjadi lengger lagi......
IBU INDRI( O.S )
Kenapa......?
INDRI
Tidak boleh sama mas Panji....
CUT TO:
MED.LONG SHOT. Dari kamar depan ayah Indri keluar. ZOOM IN
AYAH INDRI
Apa.......? apa haknya dia melarangmu........?
Ayo berangkat....ayah antar......
CLOSE UP. Indri menunduk
INDRI
Ndak usah yah....Indri tidak akan menari lagi
CLOSE UP
AYAH INDRI
Apa yang telah menyihirmu.....kenapa kamu seperti kerbao yang dicucuk hidungnya......tuh.....ketahuan sekarang...aku kan sudah bilang tidak usah lirak-lirik...kamu sudah saya jodohkan dengan Herman.
CLOSE UP
IBU INDRI
Pak.......
FULL SHOT
AYAH INDRI
Sudah........kamu juga sama saja, ndak bisa momong anak...
IBU INDRI
Kita tidak bisa mengurung cinta.....ini jaman sudah lain pak...anak-anak bebas menentukan pilihan hatinya...
AYAH INDRI
Tapi orang tua juga tidak boleh membiarkan anaknya sengsara bukan?..........aku percaya pada Herman kalao dia mampu memberi pengayoman pada Indri.
ZOOM IN
IBU INDRI
Aku juga sependapat...Herman tipe laki-laki yang penuh tanggung jawab...dia mau menungu sampai Indri tamat sekolah bahkan tamat kuliahpun akan ditunggu...tapi Indri tidak suka bagaimana lagi...dipaksa? ayah juga dulu tidak suka kan dipaksa mencintai wanita pilihan ibu.....tetap memilih sayakan?
AYAH INDRI
Ya...tapi....ah...mbuh...ayah pusing.......
Ayah Indri masuk ke kamar, Ibu Indri mengikuti..ZOOM OUT. Indri berdiri melihat jam..kemudian masuk ke ruang dalam.
CUT TO :
9. Int. RUANG KELAS – Siang
FULL SHOT. Indri duduk sendiri di dalam kelas .ZOOM IN Wajah Indri suntuk ZOOM OUT. IN FRAME. Bu Mar guru pengembangan diri tari masuk mendekati Indri. CLOSE UP. Indri yang sedang melamun kaget lalu MED. SHOT berdiri menjabat tangan Bu Mar
INDRI
Eh....ibu.....ada apa bu?
BU MAR
Kebetulan saya mau ngomong sama kamu...eh istirahat kok kamu sendirian tidak kekantin…?
INDRI
Tidak bu...saya sedang suka sendirian....
BU MAR
Eh....sepertinya kamu tidak ikut pengembangan diri ya.....iya..ibu baru ingat.....mau saya kridit poin?
INDRI
Please...jangan ya bu...kemarin saya tiba-tiba sakit perut....

ZOOM IN
BU MAR
Alasan klasik.....sakitnya ndak gaul....saya lihat kamu murung beberapa hari ini...sebetulnya ada apa?
INDRI
Biasa bu...masalah remaja...
BU MAR
Gini untuk hilangkan suntuk bagaimana kamu ikut latihan disanggarku persiapan ke Jakarta...sekalian untuk hilangkan poin pelanggaran kamu mbolos pengembangan diri
INDRI
Tidak bu...Indri tidak akan menari lagi
BU MAR
Terus kamu mau ganti pengembangan diri......lalu festifal kesenian kabupaten bagaimana....?ibu boleh tahu kenapa kamu mengambil sikap seperti itu?
INDRI
Sebetulnya.....sebetulnya....( terdiam memandang Bu Mar) tapi ini rahasia ya bu jangan bilang Intan..
ECU. Bu Mar mengangguk
CUT TO:
MED. SHOT
INDRI
Saya tidak boleh menari lagi...saya suruh memilih menari apa putus..oleh pacar saya bu.....
BU MAR
Kata hati kamu bagaimana?
INDRI
Saya masih ingin menari, saya ingin menjadi lengger, saya ingin mengenalkan tarian lengger warisan seni tradisional kita...tapi....saya tidak mau berpisah dengan Panji...
DISSOLOVE TO:
10. Ext. SAMPING BELAKANG RUANG KELAS – Siang
IN FRAME. Gita terkejut mendengar percakapan Indri dengan Bu Mar.Gita berhenti berjalan mendengarkan dengan penuh konsentrasi di belakang kelas
CUT TO:
FADE IN
11. Int. RUMAH PANJI – Sore
MED. SHOT. Panji sedang duduk menonton TV di ruang keluarga.IN FRAME Gita masuk langsung melempar tas ke arah Panji. Panji reflek tas tidak mengenai kepalanya.
PANJI
Auh.......
Panji berdiri terus mengejar gita
DISSOLVE TO:
12. Int. KAMAR GITA – Sore
MED. SHOT.Gita mau menutup kamar.ZOOM IN dengan cepat Panji menahan dengan ujung kakinya ZOOM OUT.
PANJI
Aduh...dik..kakiku kejepit nih.....( Panji meringis kesakitan)
GITA ( O.S. )
Siapa suruh.......................!
PANJI
Aku mau masuk........dik....kaki mas sakit nih......!
GITA ( O.S.)
Aku mau ganti baju!
CUT TO:
MED. SHOT. Gita melepaskan tangannya dari pintu, Panji masuk ke kamar Gita
PANJI
Cuma sebentar......kamu kenapa sih...pulang masuk rumah bukanya salam malah melempar tas.....kenapa?
GITA
Mas terlalu.........menyebalkan......!
PANJI
Mang aku salah apa?
CLOUSE UP
GITA
Egois.....muna...muna...ndak usah pura-pura .....mas ngapain sama Indri....! mas melarang Indri menari !
PANJI ( O.S. )
Aku tidak melarang Indri menari, akau cuma tidak suka kalao Indri ikut grup calung jadi lengger.
GITA
Mas ndak punya hak melarang-larang anak orang, memang mas apanya? Bapaknya?
CLOUSE UP
PANJI
Aku tidak melarang.....aku cuma tidak suka.....
MED. SHOT
GITA
Tadi aku dengar sendiri....Indri ditanya Bu Mar kenapa ahir-ahir ini Indri tidak seperti biasanya malah jadi sering membolos....
PANJI
Terus....
GITA
Terus ?.....ya aku jadi tahu bila semua ini gara-gara mas.....mas mengancam Indri kan?
PANJI
Aku tidak pernah bilang begitu.
GITA
Buktinya...dan aku dengar sendiri......mas tahu akibat telepon mas itu? Indri stres karena bapaknya tahu bila mas melarang Indri menari lalu bapaknya melarang Indri berhubungan dengan mas......malah mau dijodohkan dengan Herman anak bos bapaknya dari Semarang.
PANJI
Ah,......kok jadi gini....
GITA
Sekarang aku tahu.......sepertinya mas ya yang menyuruh Ratno mengganggu latihan calung.....benar mas?
CLOSE UP. Panji diam salah tingkah
GITA (O.S. )
Nah...ketahuan pengecutnyakan..........kenapa mas?
PANJI
Karena aku mencintainya....karena aku takut kehilangan dia....
FULL SHOT
GITA
Egois......mas benar-benar egois dan tidak dewasa...tidak gantel.........cinta....itukah ekspresi cinta seorang Panji putra pak Camat...?
PANJI
Dik kok kamu marah gitu?
GITA
Ya jelas marah.....aku yang ngenalkan mas pada Indri....aku gak rela sahabat baiku jadi berantakan karena.......
ZOOM IN
PANJI
Ah....kenapa jadi begini....udah ah...( melangkah tapi ditahan Gita)
GITA
Kenapa....? karena mas anak camat jadi malu punya pacar penari lengger?
PANJI
Tidak begitu dik.......(panji mencoba tersenyum)
GITA
Apa malu sama teman-teman kuliah mas karena pacarnya cuma lengger buka anak dugeman?
PANJI
Ah...kok jadi nglantur si....
GITA
Mas mestinya Bangga……. masih ada anak muda yang mau meneruskan warisan kesenian kita
PANJI
Tidak....bukan itu masalahnya.....sebenarnya aku cuma.....
ZOOM OUT
Ibu Panji masuk
IBU GITA
Ada apa kok rame banget....kok tasmu di ruang TV Git?
GITA
Itu bu....mas Panji bikin kaco hidup Indri
IBU GITA
Kaco bagaimana?...kamu baru bertengkar sama Indri Nji?
PANJI
Tidak bu.....salah tafsir
GITA
Alah....ngeles...iya ding bu...mas melarang Indri menari....
IBU GITA
Benar begitu ? terus Indri bagaimana?
GITA
Ya jadi...stres...malah sampai suka bolos…..mas panji sok tuh bu mentang-mentang ...sampe memberi pilihan pada Indri pilih mas Panji apa pilih tari....
MED. LONG SHOT. Ibu Gita menggamit tangan Panji keluar dari kamar, ZOOM IN. Gita menghempaskan badanya di tempat tidur
IBU GITA ( O.S. )
Git kamu belum makankan? ada masakan kesukaanmu....
CUT TO:
FADE IN
13. Ext. JALAN DESA – Malam
FULL SHOT. Mobil Panji melintas di jalan kampung dekat rumah Indri. Indri membonceng sepeda Nano keluar dari gang rumah Indri ke arah balae dusun. ECU. Panji geram melihat Indri dan Nano. MED. LONG SHOT. mengikuti. Ketika mau menyalip ada tumpukan material di pinggir jalan. ZOOM IN mobil Panji hampir menyerempet sepeda Nano. ZOOM IN. Indri dan Nano jatuh.
CLOSE UP. Panji ketakutan SFX suara teriakan warga , FULL SHOT. Panji tancap gas. FADE OUT.
CUT TO:
14. Int. BALAE DUSUN – Malam
FULL SHOT. Indri dan Nano tiba di arena latihan. MED. LONG SHOT.Mad Hasim, Parno kendang dan penabuh calung sedang berlatih disaksikan warga .
CLUSE UP
INDRI
Pak Hasim saya minta maaf…..tidak ikut latihan
OVER THE SHOUDE
PARNO KENDANG
Wah ditunggu-tunggu kok cuma mau pamit…kena apa nduk?
CLUSE UP SHOT
INDRI
Sakit..ndak enak badan ….
MAD HASIM
Ya sudah....tidak apa-apa…..sebentar….sepertinya ada yang tidak beres….siku kamu kenapa?
INDRI
Jatuh....
MAD HASIM
Nano mana?.....No...Nano.....
INDRI
Itu pak sedang mencuci motor
MAD HASim
Berarti kalian tadi jatuh, kamu tidak apa-apa?
INDRI
Tidak...Cuma masih deg-degan tidak karuan jadi saya tidak ikut latihan saja ya....
MAD HASIM
Ya sudah kamu istirahan saja dulu sebentar .
Indri masuk ke ruang tengah
CUT TO :
15. Int. WARUNG KOPI – Sore
FULL SHOT. Ratno sedang bercerita dengan temannya,. IN FRAME. Ayah indri masuk warung membeli obat untuk Indri.
RATNO
Apa lukanya Inrdi waktu jatuh semalam serius pak?
AYAH INDRI
Tidak si, cuma lecet dan agak pusing katanya
TEMAN RATNO
Mobil yang menyerempet tidak tanggung jawab….perlu kita hajar ….memang siapa si No yang nyerempet?
RATNO
Dasar …..masa tidak tahu…kan Panji pacarnya Indri, sudah itu boro-boro menolong nengok aja tidak....

Ayah Indri keluar dari warung, MED. SHOT. Ratno menepuk bahu temannya dengan wajah yang gembira
RATNO
Kena pancingnya........tinggal selangkah lagi Indri akan menjadi milikku

TEMAN RATNO
Lha Gita bagaimana?
RATNO
Ndak usah mancing-mancing .....gita tu pacarnya Nano...warga baru itu.....eh....tahu tidak sebenarnya Panji itu cemburu sama Nano, ndak tahunya Nano ternyata pacar adiknya......
TEMAN RATNO
Seperti sinetron ya.........................................?
CUT TO :
16. Int. KANTIN SEKOLAH – Siang
IN FRAME. Gita menemui Nano yang sedang duduk dengan Indri. CLOUSE Gita wajahnya cemberut menghampiri Nano dan Indri yang sedang minum Es teh. Gita memperhatikan perban yang menempel pada siku Indri dan luka yang ada di pipi kiri Nano
MED. SHOT
NANO
Dari mana Git..........?
GITA
Aku yang mau tanya dari mana saja kalian berdua tidak nampak batang hidungnya
NANO
Minum es ya?.......bu…. tolong es tehnya satu lagi
GITA
Ih…kok gak dijawab …..boleh tahu kenapa pipimu….. trus kamu Ndri kok juga luka….mang baru pada kemana, jatuh dimana?
NANO
Ndak kemana-mana. Aku dirumah, tanya Indri.....
GITA
Ah....kalian berdua sudah kong kalikong...ya sudah mbok mengganggu saya pergi saja......
ZOOM IN. Gita bangkit dari duduk mau pergi, Indri memandang Nano ZOOM OUT.
INDRI
Git....dengar dulu........
OVER THE SHOUDER SHOT
GITA
Ndak.....makasih.
OVER THE SHOUDER SHOT
INDRI
Saya mau cerita juga kamu tidak mau mendengarkan?.....No..bilang No.....daripada jadi salah persepsi begini.
CLOSE UP
GITA
Oh...jadi benar kamu menyimpan rahasia.........? bagus.....simpan saja.
INDRI
Duduk dulu aku mau cerita.............apa kamu tidak dengar tentang keajdian malam minggu kemarin?
GITA
Tidak, aku tidur gasik....terus?
INDRI
Gini Git, kami malam minggu diserempet mobil Panji.
Gita terkejut



NANO
Sepertinya dia sangat benci padaku Git, jangankan menolong kami yang masuk selokan, menengok saja tidak......apa dia tahu kalao aku pacarmu?
GITA
Tidak mungkin....tidak mungkin.......aneh, kenapa dia ya....
Bel tanda masuk berbunyi...FULL SHOT. Gita, Panji dan Indri keluar dari kantin menuju kelasnya.
CUT TO :
17. Int. RUANG KELUARGA RUMAH PANJI – Siang
MED. LONG SHOT. Panji duduk menghadap TV. IN FRAME.Gita mendekati Panji
GITA
Mas....pengecut.........
PANJI
Ada apa lagi si......ndak tahu lagi pusing.....pingin lihat mas emosi apa?
GITA
Jujur mas....mengapa mas pengecut tabrak lari.......?
PANJI
Diam........jangan buat aku emosi........
Ibu Gita buru-buru masuk dari ruang belakang.
IBU GITA
Sebenarnya ada apa si...kakak adik sejak kemarin tengkar melulu.....
GITA
Itu bu..mas Panji ternyata habis menyerempet Nano dan Indri sampe masuk selokan .....dan kejamnya lagi tidak mau menolong malah kabur....
IBU GITA
Kenapa Nji...
PANJI
Panji cuma takut warga mengamuk terus merusak mobil, menghakimi saya bu.....tidak ada maksud apa-apa.
GITA
Kenapa menyerempet........?
PANJI
Aku sebenarnya mau kerumah Indri tetapi Indri sudah keluar berboncengan dengan Nano lalu aku kejar karena aku ingin minta maaf serta akan mengklarifikasi masalah dengan Indri,...
IBU GITA
Terus....
PANJI
Saat aku mau mendahului ternyata sebelah kanan bahu jalan ada timbunan pasir lalu saya banting setir ke kiri ternyata sepeda nano jatuh ke selokan.....makanya tidak ada sedikitpun lecet di mobilku.
FADE OUT. Ibu Gita, Panji dan Gita melanjutkan cerita
CUT TO :
18. Ixt. HALTE DEPAN SEKOLAH - Siang
FULL SHOT. Indri menunggu Bus mau ke rumah Bu Mar. ZOOM IN. Gita datang menghampiri.
GITA
Lho mau kemana Ndri?
INDRI
Eh...kebetulan Git .....tolong sampaikan pada ibuku kalau aku ndak pulang


GITA
Bawa tas besar segala....memang mau ke mana?
INDRI
Aku mau membayar kesalahanku mbolos ekstra.....mau latihan di tempat Bu Mar.....sekaligus membuang suntuk di rumah.
CLOSE UP
GITA
Karena Panji ya.....? kmarin aku dah diceritain ibu bila masku tidak melarangmu menari kok......eh...saya critain kamu jangan tertawa ya....( gita berbisik di telinga Indri )....masku ternyata cuma cemburu pada Nano....
Indri terkejut...lalu tersenyum....gita tertawa berderai-derai
INDRI
Syukurlah.....aku cuma lagi sebel di rumah...bapaku terus-terusan memaksa agar aku sama Herman anak bos bapakku di Semarang.........bapak tambah tidak suka sama Panji karena peristiwa kecelakaan itu......itulah Git....aku juga tidak bisa mengerti kenapa Panji bisa sejahat itu.....Oh iya Git...tolong jangan bilang ke siapa-siapa selain ke ibuku kalau aku di tempat Bu Mar.
GITA
Okey....beres.....aku duluan ya.....tuh yang dicemburuin Masku dah nunggu.......
FADE OUT. Gita menyeberang jalan lalu pulang membonceng Nano.
19. Int. DAPUR RUMAH INDRI – Sore
FULL SHOT. Ibu Indri sedang didapur membuat kopi, IN FRAME Gita masuk bicara dengan ibu Indri.
20. Int. RUANG KELUARGA RUMAH INDRI – Menjelang Magrib
MED. LONG SHOT. Ibu Indri sedang melihat TV, IN FRAME. ayah Indri baru pulang menanyakan Indri
AYAH INDRI
Ke mana Indri......?apa selama saya tidak dirumah dia selalu pulang telat begini?
IBU INDRI
Duduk dulu yah...ayah kan baru pulang...istirahat dulu...nanti ibu jelaskan.
AYAH INDRI
Ah...sudah aku sudah tahu....anak kita sedang di rumah anak Camat yang sok itu kan.......?
IN FRAME. Ayah Indri langsung berdiri lalu keluar
CUT TO:
21. Ext. JALAN KAMPUNG – Malam
FULL SHOT. Ayah Indri naik ojek
DISOLVE TO :
22. Ext. TERAS RUMAH PANJI – Malam
MED. LONG SHOT. Ayah Indri mengetuk pintu rumah Panji. Pintu dibuka, Ayah Panji mempersilahkan tamunya masuk.
ZOOM IN
AYAH PANJI
Mari...silahkan masuk....
AYAH INDRI
Cukup pak,cukup di sini saja, saya cuma mau mencari anak saya ... Indri..
AYAH PANJI
Oh...jadi .....bapaknya Indri.....mungkin Panji anak saya tahu...mari masuk saja pak biar saya panggilkan anak saya....
CUT TO:
23. Int. RUANG TAMU RUMAH PANJI – Malam
FULL SHOT. Panji keluar dari tuang tengah bertemu dengan ayah Indri di ruang tamu. Panji mempersilahkan duduk.
AYAH PANJI
Silahkan pak dengan anak saya mungkin tahu...maaf saya tinggal... mau ke Pendopo Kabupaten....oh ya Nji...tukang ojek yang ngantar bapaknya Indri suruh pulang saja nanti kan bisa pulang bareng kamu sekalian jemput adikmu di rumah pak Hasim....mari pak saya tinggal dulu....
AUT FRAME. Ayah Panji menuju ke ruang dalam. Panji mengikuti dengan pandangan mata.
CLOUSE UP
AYAH INDRI
( bicara sendiri dalam hati )
Tak seperti yang aku bayangkan....ternyata keluarga Panji tidak ningrat ...dan Panji tidak angkuh seperti cerita Ratno.....
CUT TO :
FULL SHOT. Ibu Panji masuk mengejutkan lamunan Ayah Indri
IBU PANJI
Menyodorkan tangan bersalaman
Sudah lama pak...? maaf...... memang sudah berapa hari Indri tidak pulang?
AYAH INDRI
Sejak kamis......saya kira Panji tahu....makanya saya cari ke sini....
FADE OUT. Perbincangan diruang tamu rumah Panji
CUT TO :
24. Ext. DEPAN RUMAH INDRI – Malam
FULL SHOT. Panji menghentikan mobilnya di halaman rumah Indri, kemudian keluar dari mobil berjalan beriringan dengan ayah Indri menuju ke rumah. Ayah Indri masuk ke dalam rumah, Ibu Indri keluar dari pintu depan
IBU INDRI
Ibu tahu dimana Indri nak.............tadi mau bilang sama bapak tapi dia keburu mencari ke tempat nak Panji...Indri perginya pamit kok...lewat Gita....jadi sudah tiga hari...sejak hari Kamis Indri latihan di tempat guru tarinya...
PANJI
Terimakasih bu...saya jemput Gita dulu, besok saya jemput Indri
IBU INDRI
Ya...menurutku juga baiknya seperti itu.....ibu tau kalian sedang ada masalah....selesaikan dengan baik....
CUT TO :
FADE IN
Suasana malam di kampung, warga berjalan menuju rumah Mad Hasim.
25. Int. RUMAH MAD HASIM – Malam
FULL SHOT. Beberapa penabuh calung sedang berlatih, ZOOM IN. Panji melihat kemesraan Adiknya dengan Nano. CLOUSE UP. Gita sedang dilatih menabuh calung oleh Nano.
CUT TO :
FADE IN
Langit sore yang cerah. FADE OUT
DISOLVE TO :
26. Int. SANGGAR TARI BU MAR. – Sore
FULL SHOT. Panji duduk di teras menghadap bu Mar. Di samping bu Mar Indri dengan pakean latian tari yang basah oleh keringat. IN FRAME. Bu Mar masuk ke rumah.
ZOOM IN
PANJI
Yang, aku minta maaf......
INDRI
Udah....aku ndak apa-apa kok....Gita sudah ceritakan semuanya.....
PANJI
Hari ini latihan terakhir calung, aku disuruh bapakmu jemput kamu
Indri terkejut senang
INDRI
Bapakku..? mas disuruh bapakku....?
PANJI
Ndak percaya....? kmarin mas sudah banyak cerita sama bapakmu waktu cari yayang ke rumahku mas yang antar pulang. Sepanjang perjalanan kami saling bercerita......bapakmu asik juga orangnya ya...
INDRI
Ya...gitu lah...kadang.....eh...bukanya pentas festifal Kabupaten tiga hari lagi, gimana ya..hari ini rencana latihan gerak akhir
IN FRAME. Bu Mar keluar sambil membawa minuman
BU MAR
Ndak apa-apa Ndri...kamu pulang saja latihan untuk festifal, toh kita masih banyak waktu. Pentas Taman Mini masih dua bulan lagi
FADE OUT. Perbincangan di teras sanggar bu Mar.
DISOLVE TO :
27. Ex. JALAN KAMPUNG – Sore
MED. LONG SHOT. Panji dan indri melintasi jalan melewati kebun melati menuju kampung Indri.
DISOLVE TO :
28. Ext. RUMAH INDRI – Sore
IN FRAME. Mobil Panji memasuki halaman rumah Indri. ZOOM IN. Indri beriringan dengan Panji masuk rumah.
CUT TO :
FADE IN
Suasana malam di kampung, orang-orang berdatangan ke balai dusun
DISOLVE TO :
29. Int. BALE DUSUN – malam
FULL SHOT. Bale dusun penuh oleh penonton latihan calung. Mad Hasim sibuk mengatur persiapan tabuhan. Parno Kendang dan teman teman penabuh membunyikan alat musik calung Banyumasan. ZOOM IN Ayah Panji duduk di kursi tamu kehormatan berbincang dengan perangkat desa.
CUT TO :
30. Ext. HALAMAN BALE DUSUN - Malam
MED. LONG SHOT. Panji membuka pintu mobil. Indri berpakean lengger keluar dari mobil . Panji menggandeng Indri masuk Bale dusun. ZOOM IN orang-orang berdecak gembira melihat Indri datang.
DISOLVE TO :
31. Int. ARENA PENTAS – Malam
FULL SHOT. Suasana pentas calung. Clouse up wajah Iandri tersenyum menatap Panji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar