Senin, 03 Oktober 2011

MANAJEMEN INFORMASI

PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN
OLEH : DRAJAT NURANGKOSO

Dewasa ini perubahan pola hidup manusia telah berubah, perubahan-perubahan yang terjad adalah suatu bukti bahwa manusia adalah makhluk yang paling sempurna, namun sejatinya dalam kesempurnaan itu ada ketidak sempurnaan karena hanya sang penciptalah yang memiliki kesempurnaan, perubahan itu adalah buah dari hasil dalam mengatasi ketidak sempurnaan. Hasil olah pikir, olah rasa dan olah tubuh manusia biasa disebut kebudayaan.
Evolusi dan revolusi manusia dalam berkebudayaan meninggalkan jejak-jejak peradaban manusia, dari jaman pra sejarah berubah menjadi jaman sejarah, sejak ditemukaannya mesin berubahlah manusia memasuki jaman industry sampai ditemukaanya perangkat teknologi informasi yang merubah masyarakat industry menjadi masyarakat pasca industry atao masyarakat ekonomi informasi. Dalam masyarakat pasca industry terjadi efisiensi dalam produksi, distribusi dan konsumsi barang maupun jasa hal ini dikarenakan adanya kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi yang sangat pesat.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Bagaimana peran teknologi informasi dalam pendidikan?
Pada tahun 70-an seorang ilmuwan Ivan Illich telah meramal bahwa suatu saat nanti aka nada “ Deschooling Society “ ( Pendidikan tanpa sekolah ) kemudian Bishop G (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa yang akan datang bersifat fleksibel (Luwes) terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja. Secara ekstrim dapat dikatakan bahwa guru sudah tidak diperlukan lagi.
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Pendidikan masa yang akan datang lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan dapat berinteraksi dan berkolaborasi seperti yang dikemukakan oleh Mason R. (1994). Alisjahbana I. (1966) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan nantinya akan bersifat “Saat itu juga (Just on Time)?. Teknik pengajaran baru akan bersifat dua arah, kolaboratif, dan inter-disipliner
Romiszowski & Mason (1996) memprediksi penggunaan “Computer-based Multimedia Communication (CMC)? yang bersifat sinkron dan asinkron. Dari ramalan dan pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga? dan kompetitif.

Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dan informasi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Pendidikan berbasis web seperti yang telah dilakukan oleh lembaga pendidikan Teknos yang berpusat di Bandung atau negara Perancis dengan proyek flexible learningnya telah membuktikan ramalan yang dikemukakan para ahli di atas.
Peran teknologi informasi dalam dunia pendidikan disamping telah merubah pola pembelajaran konvensional (Tatap muka) juga telah memudahkan layanan pada peserta didik dengan teknologi informasi ini dimukinkan terlaksananya kegiatan belajar jarak jauh, peserta didik dapat menambah kemampuan, membaca materi ajr, mencari informasi pengetahuan, memungkinkan interaksi dalam grup, memudahkan system administrasi dimana siswa dapat melihat informasi mengenai status, prestasi dan pengumuman penting melalui web, tehnologi informasi sebagai wahana pendalaman materi melalui kuis yang diberikan dengan sarana web dan berbagi informasi mengenai koleksi perpustakaan berupa buku maupun kepustakaan digital yang lebih luas dan kompleks.
Bagaimana dengan Negara kita, sudah siapkah memasuki masa pasca industry? Kita tidak dapat mengelak laju globalisasi dalam teknologi informasi. Buka mata dan hati…selamat datang teknologi informasi dan bersiaplah untuk perubahan yang akan terjadi.
Disarikan dari berbagai sumber.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar